Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Delay Dan Tidak Bagus Di Windows 10

Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Delay Dan Tidak Bagus Di Windows 10

DesainsekarangCara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Delay Dan TIdak Bagus Di Windows 10– Saat menggunakan headset Bluetooth di Windows 10, Anda mungkin terkejut dengan suaranya yang jelek. Mungkin pada awalnya Anda akan mengira earphone yang Anda gunakan rusak atau kabelnya putus, meskipun baru dibeli. Saya juga mengalami situasi ini beberapa waktu lalu.

Ternyata Windows 10 memang memiliki masalah ini, dan ada kesalahan pada koneksi audio melalui Bluetooth. Jadi walaupun headset Bluetooth yang kita beli adalah headset dengan kualitas suara high-definition yang mahal, jika dikoneksikan ke Windows 10 hasilnya akan jelek.

Mengapa Bisa Suara Pada Headset Bluetooth Delay Dan Tidak Bagus?

Saat menggunakan AptX sebagai audio codec, headset Bluetooth memang dapat menghasilkan suara yang bagus, tetapi audio ini harus berjalan dan mendukung dua perangkat, headset dan komputer. Saat ini hampir semua perangkat smart phone sudah mendukung codec audio AptX ini, kita bisa mengontrolnya, atau setidaknya bisa mengecek informasi apakah codec audio ini digunakan.

Baca ini : Langkah Melakukan Aplikasi Zoom Meeting Versi Android

Masalahnya di Windows 10, kita tidak dapat mengontrol codec audio yang digunakan headset Bluetooth, sehingga ketika headset menghasilkan suara yang buruk, kita akan menemukan jalan buntu. Windows 10 sudah support AptX, tapi saat kita menggunakan headset Bluetooth dengan microphone, Windows secara otomatis akan mengubah audio profile menjadi A2DP, dan ketika kita mengaktifkan microphone, Windows akan merubah profile menjadi HFP (hands-free profile). Produksinya sangat sangat buruk.

Mengapa suara lambat dan jelek saat menggunakan profil HSP (mikrofon dan speaker aktif) untuk headset Bluetooth? Itu saja, ketika mikrofon dan speaker pada headset Bluetooth aktif, data yang dikirimkan secara nirkabel melalui Bluetooth akan menjadi lebih besar, dan kita tahu bahwa bandwidth Bluetooth sangat terbatas. Maka akibatnya kualitas suara yang dihasilkan akan berkurang. Anda bisa buktikan dengan memutar musik, menonton film, dan membuka Youtube sekaligus pasti suaranya akan bergetar.

Penyebab Suara Headset Bluetooth Delay Dan Tidak Bagus Pada Windows 10

Saat Anda menghubungkan headset Bluetooth ke Windows 10 untuk pertama kalinya, meskipun kita tidak menggunakan mikrofon untuk input suara, sistem Windows akan secara otomatis menggunakan profil HSP. Windows berpikir bahwa kedua perangkat di headset Bluetooth kami (speaker dan mikrofon) aktif.

Anda tidak boleh menyukai suara ini, karena bahkan pada headset Bluetooth yang mahal, profil HSP ini dapat menghasilkan suara yang sangat buruk. Suara menjadi lamban dan terputus-putus, jika kita mendengarkan musik, suaranya akan pecah dan terdengar sangat tidak nyaman.

Saya mencoba bermain PUBG Mobile dengan headset Bluetooth Vivan BT520 yang saya beli beberapa waktu lalu, dan saya sangat frustrasi dengan suara yang dihasilkannya. Bahkan pada awalnya saya berpikir bahwa headset yang baru saya beli rusak atau produk yang cacat, saya ingin kembali ke toko dan menggantinya sampai akhirnya saya menemukan alasan dan cara memperbaikinya.

Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Delay Dan Tidak Bagus DI Windows 10

Sekarang kita akan memasuki bagian teknis tentang cara menangani suara headset Bluetooth yang buruk, terputus-putus, dan tertunda di Windows 10. Setelah membaca uraian di atas, jika sumber masalahnya terletak pada profil audio HSP yang diatur secara otomatis oleh Windows 10 di headset Bluetooth kami, Anda pasti “marah”. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengubahnya secara manual.

Berikut adalah langlah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya :

  • Pertama masuk ke menu Control Panel dan cari menu Devices & Printers kemudian cari menu headset anda di menu tersebut.
  • Setelah menemukan menu Bluetooth tersebut, klik kanan dan pilih properties.
  • Pada jendela Properties masuk ke tab Services dan hapus centang pada hands-free Telephony dan Remotely Controlable Device kemudian klik ok.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Setelah mengklik “OK”, kita hanya perlu menunggu beberapa saat, dan nantinya Windows secara otomatis akan mengubah profil audio headset Bluetooth kita menjadi A2DP. Selanjutnya, silakan coba putar musik lagi, headset Bluetooth Anda akan mendengarkan lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : Kiat Membuat CV Di Canva Gratis Wajib Di Coba

Hanya dengan cara ini suara headset Bluetooth tidak terlambat dan tidak jelek. Anda mungkin perlu mengulangi langkah-langkah di atas setiap kali memasangkan kembali headset Bluetooth dengan komputer Anda. Karena setiap kali Anda memutuskan pasangan, pengaturan headset Bluetooth secara otomatis diatur ulang.

Hingga saat ini, Bluetooth dan Windows masih memiliki banyak “PR” untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan. Karena jujur ​​saja, kualitas suara headset Bluetooth saat digunakan pada Windows masih jauh kalah dengan headset kabel.

You May Also Like

About the Author: desainsekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *