Pendidikan

Ulasan Lengkap Surat Pengunduran Diri Kerja Beserta Contoh

Surat pengunduran diri kerja adalah jenis surat yang dibutuhkan oleh banyak instansi, baik itu sekolah, universitas, perusahaan swasta maupun negeri. Surat pengunduran diri dibuat oleh seseorang ketika sudah tidak bisa lagi bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Dalam kata lain disaat seseorang ingin bekerja di tempat lain untuk mencari pengalaman baru.

Apabila Anda ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan, maka Anda harus memiliki etika yang baik dan benar untuk membuat surat pengunduran diri atau surat resign dari perusahaan Anda saat ini. Mengapa harus membuat surat pengunduran diri? Sebab surat ini ini menjadi salah satu indikator bahwa Anda adalah pekerja yang memiliki etika baik dan sopan. Dimana saat melamar, Anda membawa surat lamaran pekerjaan yang baik, maka ketika hendak keluar, Anda juga harus menyerahkan surat resign yang baik pula. Berikut ulasan lengkap mengenai surat pengunduran diri kerja, format tulisan beserta contohnya. Simak baik-baik ya!

Ulasan Lengkap Surat Pengunduran Diri Kerja Beserta Contoh

Surat Pengunduran Diri Kerja
Surat Pengunduran Diri Kerja

Tujuan menulis surat pengunduran diri tentu saja untuk memberitahukan kepada perusahaan atau instansi terkait bahwa Anda ingin keluar dari pekerjaan di tempat perusahaan tersebut. Keputusan tersebut biasanya diambil karena alasan tertentu seperti alasan sakit yang tidak memungkinkan Anda untuk bekerja seperti biasanya di perusahaan tersebut.

Baca juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup

Dalam membuat surat pengunduran diri, Anda harus mencantumkan alasan yang logis dan masuk akal sehingga alasan tersebut bisa diterima oleh perusahaan atau instansi terkait serta tidak menyebabkan ketersinggungan perihal surat pengunduran diri yang dibuat. Beberapa tujuan surat pengunduran diri adalah:

Tetap terlihat profesional pada pekerjaan

Sikap profesionalisme yang diterapkan saat bekerja harus disertai dengan nilai-nilai kesopanan. Maka tak heran, apabila Anda ingin memutuskan untuk keluar, Anda tidak boleh terkesan menghilang begitu saja. Keputusan mengundurkan diri tanpa disertai dengan surat pengunduran diri akan membuat Anda dicap sebagai pekerja yang tidak profesional.

Bahkan bisa saja, perusahaan Anda tersebut membicarakan keburukan Anda kepada perusahaan baru. Dengan adanya surat resign, perusahaan akan menilai Anda sebagai pekerja yang bertanggung jawab dengan memiliki profesionalisme tinggi.

Memberikan kesempatan perusahaan mencari kandidat baru

surat pengunduran diri kerja
surat pengunduran diri kerja

Tujuan atau fungsi lain dari surat resign adalah memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mempersiapkan karyawan baru guna mengganti Anda yang telah resign. Hal ini penting agar perusahaan tidak mengalami kekosongan posisi kerja sehingga produktivitas perusahaan tetap stabil. Jadi, surat pengunduran diri Anda harus diberikan beberapa bulan sebelum waktu pengunduran diri.

Misalnya, Anda ingin mengundurkan diri pada bulan Desember 2019, maka sura resign diberikan pada bulan Oktober atau November 2019. Pemberian surat jauh-jauh hari adalah bentuk sikap menghargai pada perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Baca juga : Surat Pernyataan

Penulisan struktur surat pengunduran diri kerja hampir sama dengan surat lamaran pekerjaan. Tetapi isinya tentu saja berbeda. Penulisan surat resign harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar seperti saat melamar pekerjaan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menulis surat pengunduran diri adalah mengenai format penulisannya, yakni harus memuat bagian-bagian seperti:

  1. Tanggal dan tempat pembuatan surat pengunduran diri
  2. Nama dan alamat perusahaan yang dituju
  3. Isi surat pengunduran diri kerja
  4. Tanda tangan pembuat surat
  5. Materai (bila perlu)

Sedangkan syarat dan etika dalam menulis surat pengunduran diri kerja juga harus diperhatikan. Etika yang harus ada dalam penulisan surat resign agar atasan dapat membaca surat Anda nantinya adalah:

  1. Isi surat pengunduran diri kerja harus singkat, ringan, dan padat
  2. Ucapan terima kasih harus disampaikan kepada atasan dan perusahaan yang telah memberikan izin kepada Anda untuk bekerja di perusahaan atau instansi terkait serta pengetahuan yang sudah Anda dapatkan selama bekerja di perusahaan tersebut
  3. Jangan pernah menuliskan kesan buruk mengenai perusahaan
  4. Alasan yang diberikan harus jelas disertai dengan penulisan baik dan jelas
  5. Kutipan tentang landasan hukum yang mendasari surat pengunduran diri kerja bisa diambil dari masa kontrak kerja atau peraturan yang telah dibuat sebelumnya
  6. Bila perlu, Anda juga bisa menyelipkan kenang-kenangan kepada manager perusahaan atau instansi terkait untuk mengenang Anda

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah Anda mengetahui format penulisan dan tujuan dari surat pengunduran diri kerja, perhatikan pula beberapa contoh surat pengunduran diri kerja dibawah ini:

Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Indonesia)

Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Indonesia)
Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Indonesia)

1. Iqbal Maulana-PT. Sumber Makmur

Jakarta, 20 Oktober 2019

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Sumber Makmur

Jakarta

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Iqbal Maulana

Alamat            : Jl. Mawar Indah No. 2 Kec. Bunga, Kota Jakarta

Jabatan         : Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri kerja dari jabatan perusahaan Bapak/Ibu terhitung sejak tanggal 15 Desember 2019. Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah diberikan kesempatan bekerja dengan profesional di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih juga saya haturkan atas bimbingan yang telah diberikan secara langsung maupun tidak langsung. Saya memohon maaf karena tidak bisa menjadi bagian di perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan ini dapat berkembang lebih baik lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran penuh tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Iqbal Maulana

2. Adi Purnomo-PT. Nusantara Tbk

Banten, 16 November 2019

Kepada Yth,

Manager PT. Nusantara Tbk.

Jl. Ahmad Yani No. 21

Banten

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai Kepala Marketing di PT. Nusantara Tbk. Sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang Tenaga Kerja, saya bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Adi Purnomo

Departemen     : PT. Nusantara Tbk

Jabatan              : Kepala Marketing

No. Karyawan : ENP-111

Berniat untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Nusantara Tbk karena faktor  kesehatan yang tidak memungkinkan saya lagi untuk bekerja di perusahaan  dengan baik. Saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hal sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Terima kasih atas segala dukungan dan bantuan saat bekerja.

Hormat saya,

Adi Purnomo

Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Inggris)

Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Inggris)
Contoh surat pengunduran diri kerja (Bahasa Inggris)

3. Mrs. Kimberly-PT. Freedom Tbk

September 10th, 2019

HRD Department

PT. Freedom Tbk

Dear Mrs. Kimberly:

I would like to inform you that I want to resign from my position as Finance Support for PT. Freedom Tbk.Thank you for the support and the opportunities that you have given to me during the last three years. And also the encouragement in increasing my personal growth. I have truly enjoyed my tenure with PT. Freedom Tbk. Please let me know, if I can be an assistance during this transition in replacing my responsibilities to my successor. I would be glad to help.

Sincerely,

Mrs. Kimberly

Demikian ulasan lengkap mengenai surat pengunduran diri kerja beserta contohnya dan semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close