Pendidikan

Contoh Surat Penawaran : Struktur Dan Contoh

Bagi siapapun yang terjun dalam dunia bisnis, pastinya tidak asing dengan istilah “penawaran”.  Penawaran tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan salah satu jenis surat yang tidak asing dalam dunia bisnis yaitu surat penawaran. Surat Penawaran merupakan salah satu jenis surat resmi yang dibuat untuk melakukan suatu penawaran terkait barang maupun jasa tertentu kepada pihak tertentu atau calon konsumen dengan maksud untuk menjalin sebuah kerjasama dengan pihak tersebut. Biasanya surat penawaran ini dibuat oleh perusahaan yang bertindak sebagai distributor maupun supplier untuk menawarkan produk yang mereka miliki kepada konsumen.

Surat penawaran memiliki pengaruh besar terhadap apa yang dilakukan oleh pihak penawar karena dengan surat ini memudahkan mereka dalam mempromosikan suatu produk yang dimiliki. Apa yang ditawarkan bukan hanya berupa barang, banyak dari pengusaha yang mulai mencoba menawarkan jasa.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan

Umumnya, surat penawaran ini keluar setelah adanya surat permohonan dari pihak yang membutuhkan untuk melakukan suatu penawaran kepada distributor maupun supplier dan ketika surat permohonan tersebut sampai di pihak distributor, maka pihak tersebut akan mengeluarkan surat penawaran.

Contoh Surat Penawaran : Struktur Dan Contoh

Akan tetapi, bagi orang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis, membuat surat penawaran menjadi masalah bagi mereka karena mereka tidak mengetahui seluk beluk dari surat penawaran.  Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai point penting, struktur, dan contoh surat penawaran yang benar. Simak ya!

Contoh Surat Penawaran : Struktur Dan Contoh
Contoh Surat Penawaran : Struktur Dan Contoh

Point Penting Dalam Pembuatan Surat Penawaran.

Penting bagi para distributor maupun supplier untuk mengetahui point-point penting yang ada di dalam surat penawaran. Hal itu bertujuan agar calon konsumen tertarik dengan apa yang ditawarkan sehingga akan melakukan suatu kerjasama dengan produk yang dimiliki. Berikut ini point-point penting yang harus diperhatikan oleh distributor maupun supplier dalam pembuatan surat penawaran:

1. Identitas Perusahaan atau Penawar

Salah satu point penting dalam pembuatan surat penawaran adalah mencantumkan identitas tempat penawar produk seperti nama, alamat lengkap serta profil singkat perusahaan tersebut. Hal itu bertujuan untuk memudahkan konsumen mengenali perusahaan yang bertindak sebagai distributor yang menjadi tempat untuk menjalin kerjasama bisnis.

2. Merk Produk Yang Ditawarkan

Baca juga : Contoh Surat Permohonan

Dalam suatu penawaran, merk produk menjadi salah satu faktor berhasilnya suatu penawaran yang dilakukan. Sebelum calon konsumen menyetujui kerja sama yang dilakukan, mereka terlebih dahulu melihat merk produk yang ditawarkan.

3. Jumlah Stok Barang

Setiap perusahaan yang bertindak sebagai distributor maupun supplier perlu untuk mencantumkan jumlah ketersediaan barang atau produk yang dimiliki dengan tujuan untuk memudahkan calon konsumen mengetahui terkait kesanggupan para distributor maupun supplier dalam memenuhi kebutuhan barang yang diminta oleh konsumen.

4. Kualitas Produk Yang Ditawarkan

Pastikan distributor maupun supplier mencantumkan kualitas produk dari suatu barang karena kualitas produk yang baik menjadi faktor berhasilnya penawaran terhadap konsumen.

5. Harga Khusus Yang Ditawarkan

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

Adanya harga khusus atau diskon yang ditawarkan oleh pihak penawar merupakan salah satu cara distributor dalam menarik calon konsumen. Setiap konsumen pasti menginginkan barang dengan harga yang murah namun berkualitas dan pastinya mereka juga membeli dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, pemberian harga khusus di suatu produk oleh distributor maupun supplier wajib untuk dilakukan.

6. Syarat Untuk Pembayaran

Pihak penawar wajib untuk mencantumkan syarat-syarat khusus bagi calon konsumen dalam melakukan pembayaran karena tidak  semua calon konsumen langsung membayar lunas terkait barang yang dibelinya. Syarat-syarat khusus tersebut seperti jumlah DP, biaya tiap angsuran, setahun berapa kali angsuran, bayar ditempat atau kontan, dan sebagainya.

7. Cara Pengiriman Produk

Para distributor juga diharuskan memikirkan cara pengiriman suatu produk barang karena setiap konsumen yang membeli produk pastinya menginginkan barang yang dibelinya sampai dengan aman. Oleh karena itu, wajib bagi distributor untuk memilih cara pengiriman yang baik dan aman dan mencantumkannya di dalam surat penawaran. Hal itu dilakukan agar konsumen yakin dan mengetahui secara detail bagaimana proses pengemasan dan pengiriman suatu produk yang dibelinya.

Baca juga : Contoh Proposal Bisnis

8. Administrasi Pendukung

Administrasi dalam surat penawaran berupa dokumen yang digunakan sebagai pendukung surat penawaran yang dibuat. Hal itu dilakukan untuk lebih menyakinkan calon konsumen terkait barang yang ditawarkan oleh pihak distributor yang dalam pembelian produk Administrasi pendukung bisa berupa katalog suatu produk, surat izin perdagangan, daftar rekam jejak, nomor pokok wajib pajak.

Struktur Surat Penawaran

Struktur Surat Penawaran
Struktur Surat Penawaran

1. Kop Surat

Kop surat terletak di bagian atas yang terdiri dari nama, alamat lengkap, email, dan kontak perusahaan.

2. Kepala Surat

Kepala surat terdiri atas tanggal, nomor, lampiran, perihal, dan tujuan surat

3. Pembuka Surat

Bagian ini merupakan pembukaan yang berisi penjelasan singkat mengenai pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan yang telah diterima terkait produk yang ditawarkan.

4. Isi Surat

Merupakan bagian inti dari surat penawaran. Bagian ini menjelaskan secara detail mengenai barang atau jasa yang akan ditawarkan sesuai dengan keadaan yang ada seperti harga, kualitas, pembayaran, dan cara pengiriman suatu barang maupun jasa. Apabila isi dalam surat penawaran dijelaskan secara detail, akan meyakinkan konsumen terkait produk yang ditawarkan.

5. Penutup Surat

Merupakan bagian akhir dari surat penawaran yang berisi harapan maupun himbauan dari pihak distributor maupun supplier kepada calon konsumen agar dengan segera menyetujui untuk menjalin kerjasama dan untuk lebih menyakinkan, lampirkan beberapa administrasi atau dokumen pelengkap sebagai pendukung surat penawaran yang diajukan.

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa
Contoh Surat Penawaran Jasa

CV. PELANGI SERVICE
Jl. Semangka No 80, Surabaya
Telp. (081) 677655888823 Email: pelangiservice@gmail.com
——————————————————————————————————————

24 Oktober 2019

Nomor : 14/KMP/PEL/2019
Perihal: Penawaran Jasa Service Komputer dan Jaringan Internet

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMPN 3 Surabaya
Di tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, perkenalkan kami dari mitra dibidang jasa service komputer dan jaringan internet ingin mengajukan penawaran terkait perbaikan komputer dan jaringan internet di SMPN 3 Surabaya. Sekedar informasi, kami memiliki banyak pengalaman dalam hal memperbaiki komputer dan jaringan, baik di suatu perusahaan, kampus, maupun kantor. Biaya perbaikan yang kami ajukan terperinci sebagai berikut:

  1. Biaya untuk perawatan komputer sebesar Rp 1.000.000,- sesuai dengan kontrak yang telah disetujui bersama.
  2. Biaya perbaikan komputer sebesar Rp 200.000,-/pcs, tergantung tingkat kerusakan komputer.
  3. Biaya perbaikan jaringan internet sebesar Rp. 300.000,- tergantung tingkat kesulitan dan per titik.


Apabila ada yang kurang dipahami terkait detail biaya dan fasilitas yang akan didapatkan, silahkan menghubungi nomor telepon dan email di atas.

Demikian surat penawaran yang kami buat. Besar harapan bagi kami agar segera menghubungi kami jika menyetujui penawaran yang kami berikan terkait perbaikan dan perawatan komputer, serta perbaikan jaringan jika Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih

Hormat Kami,

Pelangi Service

Nah, itulah ulasan mengenai surat penawaran mulai dari point penting, struktur surat penawaran sampai dengan contoh surat penawaran yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan surat penawaran. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close