Pendidikan

Contoh Laporan Dan Tata Cara Penulisan

Banyak yang masih bingung dan gamang ketika memulai mengerjakan suatu laporan. Tidak sedikit yang kesusahan menentukan bagaimana format laporan yang baik dan benar. Nah, mengantisipasi kekeliruan yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika membuat laporan. Berikut adalah ulasan Contoh dan Format Penulisan Laporan.

Contoh Laporan

Sebenarnya, membuat susunan laporan pekerjaan rumah atau praktikum dan sejenisnya tidaklah sesusah yang orang bayangkan. Dengan mengikuti panduan singkat dan prosedur penulisan yang baik, bisa dipastikan laporan yang anda buat akan mudah dipahami oleh semua kalangan.

Baca juga : Contoh Surat Tugas

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu contoh laporan penulisan tugas akhir. Harap diperhatikan bahwa susunan penulisan untuk jenis laporan lain, baik itu laporan keuangan, laporan praktikum dan sebagainya, memiliki format penulisan yang hampir sama tinggal mengikuti kerangka dasar dari penulisan laporan itu sendiri.

Format Dasar Penulisan Laporan

Contoh Laporan Dan Tata Cara Penulisan
Contoh Laporan Dan Tata Cara Penulisan

Perlu diketahui bahwa format penulisan laporan antara satu instansi dengan instansi lainnya tidak seratus persen mirip. Setiap instansi memiliki jenis ukuran font yang berbeda biasanya, begitu pula dengan logo, besar huruf, spasi dan sebagainya. Meski memiliki sedikit perbedaan, format dasar penulisan laporan berasal dari kandungan unsur utama yang sama, yaitu berisi BAB I sampai BAB V, dimana setiap bab menjelaskan isi laporan yang saling berkesinambungan. Berikut adalah Contoh dan Format Penulisan Laporan yang perlu anda ikuti.

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri

BAB I

PENDAHULUAN

Bab pendahuluan berisi latar belakang permasalahan, rumusan masalah, tujuan dan manfaat dari penelitian, ruang lingkup dalam penyelesaian permasalahan, dan sistematika penulisan laporan tugas akhir.

1.1     Latar Belakang

Roda gigi merupakan salah satu alat paling penting dalam mentransmisikan daya pada suatu proses permesinan. Roda gigi itu sendiri dapat diartikan sebagai sebuah alat pentransmisi daya yang mampu mengubah tingkat putaran poros pada mesin. Roda gigi dapat diartikan sebagai sebuah alat yang mengubah arah sumbu putaran serta mengubah gerak rotasi menjadi translasi. Peranan roda gigi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam dunia industri maupun lainnya dapat terlihat dari banyaknya model roda gigi itu . . .

1.2     Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian tugas akhir ini adalah :

  1. Bagaimana hubungan antara torsi dan jumlah roda gigi internal magnetic spur gear?
  2.  . . . .

(Rumusan masalah berisi pertanyaan – pertanyaan yang akan dibahas dan dijawab pada hasil akhir laporan. Sangat penting membuat kalimat pertanyaan yang benar agar tidak menimbulkan pemahaman yang salah)

1.3 Tujuan

Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah:

  1. Mengetahui hubungan antara torsi dan jumlah roda gigi internal magnetic spur gear
  2. . . . .

(Harap diperhatikan bahwa tujuan selalu menjawab rumusan masalah. Apabila rumusan masalah berisikan tanda Tanya, maka pada bagian tujuan dibuat kalimat dengan menghilangkan tanda Tanya tersebut dan menggantinya dengan kalimat aktif)

1.4       Batasan Masalah

contoh rumusan masalah laporan
contoh rumusan masalah laporan

Batasan masalah dari penelitian tugas akhir ini adalah :

  1. Jenis magnet yang digunakan NdFeB
  2. . . . .

(Batasan masalah merupakan constrain atau pembatasan yang bisa anda lakukan untuk membuat eksperimen yang dilakukan tetap menjurus dan tidak terganggu dengan komponen – komponen lainnya diluar dari batasan masalah yang telah ditentukan)

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

1.5       Manfaat Penulisan

Manfaat dari penelitian tugas akhir ini adalah . . . .

1.6       Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan berisi mengenai gambaran umum dari setiap bab pada laporan tugas akhir. Laporan tugas akhir ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab pendahuluan menjelaskan mengenai latar belakang, tujuan dan manfaat penelitian tugas akhir ini, ruang lingkup yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian tugas akhir ini dan pengerjaan laporan, serta sistematika penulisan laporan penelitian tugas akhir ini.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Bab tinjauan pustaka akan menjelaskan mengenai literature – literature yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini. Selain itu, akan dijelaskan review penelitian – penelitian sebelumnya yang digunakan sebagai dasar referensi dari penelitian tugas akhir ini.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

metodelogi laporan penelitian
metodelogi laporan penelitian

Bab metodologi penelitian tugas akhir ini akan menjelaskan mengenai metodologi yang digunakan selama penelitian berlangsung.

BAB IV Pembahasan

Bab pembahasn ini berisikan analisa data dari hasil penelitian tugas akhir yang sudah dilakukan.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini akan membahas mengenai kesimpulan dari hasil penyelesaian permasalahan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan saran yang dapat diberikan terhadap penelitian tugas akhir ini.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab tinjauan pustaka akan dijelaskan mengenai referensi serta studi literatur yang digunakan dalam penelitian yang berasal dari buku, jurnal, dan sumber lainnya sebagai landasan dalam pengerjaan penelitian.

2.1       Roda Gigi

Roda gigi (mechanical gear) merupakan salah satu elemen mesin yang paling .  . .

2.2       Internal Magnetic Gear

Internal Magnetic gear merupakan inovasi terbaru dalam pengembangan teknologi khususnya pada roda gigi . . .

Baca juga : Pengertian Abstrak

2.3       Magnet  Permanen

Magnet adalah logam yang dapat menarik besi atau baja dan memiliki medan magnet . . . .

2.4       Penelitian Terdahulu

Pada penelitian yang dilakukan oleh G. Muruganandam et al pada tahun 2012 dengan judul “Torque Analysis of Magnetic Spur Gear with Different Configurations”. . . .

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

penulisan laporan
penulisan laporan

Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan penulis. Pada bab ini akan dibahas tahapan-tahapan yang dilakukan penulis beserta detailnya dalam melakukan penelitian ini.. . .

3.1  Flowchart Penelitian

3.2  Pemodelan dan Simulasi

BAB IV
DATA ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pada bab data analisis dan pembahasan akan dijelaskan mengenai data hasil simulasi.

4.1       Analisis Data Simulasi

Pada penelitian tugas akhir kali ini dilakukan simulasi menggunakan

4.2       Analisis dan Pembahasan Torsi Hasil Simulasi

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1       Kesimpulan

            Berdasarkan penelitian tugas akhir yang telah dilakukan, didapatkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Seiring dengan bertambahnya jumlah magnet permanen yang digunakan maka torsi maksimum yang dapat disalurkan radial internal magnetic spur gear semakin besar. Hal ini dikarenakan magnetitation yang lebih besar terjadi pada luas penampang magnet permanen yang lebih besar. Dengan meningkatnya nilai magnetitation akan meningkatkan torsi makasimum magnetic gear.

(Jumlah kesimpulan yang ditulis selalu sebanding dengan jumlah pertanyaan pada rumusan masalah, dan jumlah tujuan yang anda tulis di laporan pada BAB I)

5.2       Saran

Berdasarkan penelitian tugas akhir yang telah dilakukan terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan guna . . .

Pada bagian akhir, beberapa laporan resmi menambahkan daftar pustaka yang berisi seluruh referensi yang digunakan oleh penulis dalam membuat laporan. Daftar pustaka menjadi hal yang cukup penting karna ia merujuk pada tulisan resmi dari sebuah buku atau penelitian sebelumnya dan telah di benarkan keabsahannya. Hal ini membuat apapun laporan yang anda buat akan terlihat jauh lebih saintifik dan tidak asal – asalan.

Semakin banyak referensi yang anda gunakan, semakin meyakinkan laporan yang anda tulis. Daftar pustaka memiliki kriteria penulisannya sendiri. Terdapat urutan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka sesuai dengan standart yang berlaku.

DAFTAR PUSTAKA

Deutschman, A., Michels, W., & Wilson, W. (1975). Machine Design: Theory and Practice. New York: Macmillan.

Fisika Zone. (n.d.). Medan Magnet. Retrieved March 30, 2018, from http://fisikazone.com/medan-magnet/

Hamidizadeh, S. (2016). Study of Magnetic Properties and Demagnetization Models of Pemanent Magnets for Electric Vehicle Application. Canada: Department of Mining and Materials Engineering, McGill University.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close