desain

Belajar Desain Grafis Buat Pemula dan Software Yang Diperlukan

Tentu kita sering melihat brosur, pamflet, poster, dan sebagainya. Kemudian, akan muncul pertanyaan bagaimanakah cara membuat berbagai poster, pamphlet, dan poster tersebut? Hal ini tidak jauh dari skill desain grafis yang dimiliki oleh beberapa orang yang sudah berkecimpung di dalamnya. Apabila Anda tertarik untuk belajar desain grafis ini, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai pemula. Khususnya terkait jenis software desain grafis apa saja yang baik untuk membuat desain grafis dan juga cara mengoperasikan software desain grafis tersebut.

Desain grafis sendiri secara ringkas adalah suatu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang mana memberi kebebasan kepada para penciptanya untuk mengekspresikan karyanya dengan menggunakan software-software yang telah dikembangkan. Karya ini bisa berupa tulisan, gambar, atau foto yang diletakkan di atas suatu permukaan (misal kertas) atau dengan menggunakan software dengan tujuan untuk menyampaikan pesan. Desain grafis ini mulai berkembang dengan cepat seiring dengan kemajuan teknologi.

Penggunaan dari desain grafis banyak dimanfaatkan dalam dunia periklanan, perfilman, dan lain sebagainya. Selain untuk promosi, beberapa layanan masyarakat seperti imbauan atau informasi kesehatan juga memanfaatkan bidang ilmu desain grafis ini.

Belajar Desain Grafis Mudah Untuk Pemula

Desain grafis sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk setiap kategori memiliki software desain grafis yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tujuan dari pembuatannya. Misalkan untuk aplikasi desain poster atau pamphlet bisa menggunakan Adobe Photoshop, atau Corel Draw.

  • Adobe Photoshop
Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis yang paling populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar, namun aplikasi ini bisa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik. Adobe Photoshop bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti membuat banner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.

Desain Photoshop Sekarang

Dengan jumlah pengguna yang tergolong banyak di antara software serupa, Anda bisa mempelajari tutorial penggunaan software Adobe Photoshop ini melalui blog desain, video youtube, atau membeli buku-buku khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula.

  • Adobe Illustrator
Adobe Illustrator

Anda juga bisa membuat sebuah desain dengan Adobe Illustrator, vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua. Dengan Illustrator, semua pekerjaan desain Anda akan menjadi lebih cepat selesai.

  • Corel Draw
CorelDraw

Dengan CorelDraw, Anda mempunyai kontrol penuh untuk membuat hasil desain menjadi lebih cepat dan dinamis. Jika menggunakan CorelDraw versi X5 ke atas, Anda bisa mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT).

Mengenal CorelDraw Lebih Jauh

Keuntungan dari aplikasi ini adalah karena gambarnya yang tersusun dari kombinasi garis, dengan itu gambar tidak mudah pecah dengan resolusi tinggi. Correl Draw Merupakan software yang cukup mudah untuk dioperasikan dan cocok untuk belajar desain grafis untuk pemula.

Dunia desain grafis telah mengalami perkembangan yang semakin canggih. Apabila kita dapat membuat seni desain yang bersifat kreatif, menarik, dan inovatif, maka semakin besar kemungkinan kita mengembangkan passion desain grafis ini, selain itu juga jika Anda sudah mahir desain grafis, Anda bisa menjadi freelancer dengan keuntungan yang fantastis jika Anda menguasai software desain grafis. Demikian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close