Mengupas Tuntas Tentang Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

131 views

Gambar Vektor dan Gambar Bitmap – Sebelum membahas tentang gambar vektor dan gambar bitmap dan lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangannya, Anda perlu ketahui terlebih dahulu bahwa keduanya merupakan bagian dari gambar digital.

Gambar digital merupakan gambar yang dihasilkan dari proses digital yaitu dengan bantuan komputer, camera, scanner atau perangkat elektronik yang lainnya yang disimpan dalam bentuk file digital. Oleh karena itu, gambar digital tidak dapat dilihat secara langsung atau fisiknya tanpa bantuan perangkat elektronik. Contohnya gambar wallpaper pada komputer/laptop Anda.

Gambar Vektor dan Gambar Bitmap
Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

Nah, gambar digital ini terbagi menjadi dua macam yaitu gambar vektor dan gambar bitmap. Selanjutnya Saya akan bahas lebih detail mengenai keduanya.

GAMBAR VEKTOR

Gambar vektor merupakan gambar yang tersusun atas sekumpulan garis, kurva dan bidang tertentu yang menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing akan didefinisikan secara matematis. Gambar vektor ini tidak dipengaruhi resolusi. Bisa diperbesar tanpa pecah/blur.

Aplikasi atau software yang biasa digunakan untuk gambar vektor yaitu CorelDRAW, Macromedia Freehand, Macromedia Flash dan Inkscape. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sedangkan untuk gambar vektor itu sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan kita bahas di bawah ini.

Kelebihan Gambar Vektor.

  • Memiliki warna-warna solid, sangat cocok digunakan untuk bentuk atau gambar sederhana seperti logo, kartun dan lain sebagainya.
  • Bersifat scalable, yaitu dapat diperbesar dan diperkecil tanpa mengurangi kualitas gambar.
  • Mempunyai ukuran file yang kecil, jadi lebih mudah dan cepat untuk didownload melalui internet.
  • Dan dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentu dengan menggunakan software pendukung yang sesuai.

Kekurangan Gambar Vektor.

  • Hasil gambar yang didapat tidak natural.
  • Dan kurang dapat menampilkan gambar dengan gradasi yang rumit.

Selanjutnya saya akan bahas tentang gambar bitmap.

GAMBAR BITMAP

Gambar bitmap adalah gambar yang tersusun dari beberapa titik piksel atau pixel (picture element) / dot / point / titik koordinat pada lokasi tertentu dengan warna tertentu. Pola itulah yang akan muncul terbentuk menjadi sebuah gambar.

Piksel adalah sebuah elemen paling kecil dari sebuah gambar digital yang dapat dilihat oleh mata. Semakin banyak jumlah pikselnya, maka semakin tinggi tingkat kerapatannya dan gambar yang dihasilkan akan semakin halus, tapi ukurannya juga kana semakin besar. Nah, banyaknya titik dalam 1 inchi ini dikenal dengan sebutan dpi (dot per inchi). Anda juga dapat mengenali beberapa gambar bitmap dari file komputer yang memiliki ekstensi bmp, jpg, tfi, gif, png, pcx, pix dan lain-lain.

Program aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat gambar bitmap ini antara lain Adobe Photoshop, Corel Photopaint dan GIMP. Sofware tersebut ada yang berbayar (Adobe Photoshop dan Corel Photopaint) dan juga ada yang gratis (GIMP), tapi kualitasnya juga tidak kalah dengan yang berbayar. Dan yang berbayarpun bisa anda dapatkan dengan gratis melalui crack software. Anda bisa cari langkah-langkahnya di internet untuk melakukan crack software tersebut.

Kelebihan Gambar Bitmap.

  • Memiliki kemampuan untuk menangkap bentuk dan nuansa warna yang natural.
  • Lebih cepat dan lebih sesuai pada tampilan layar monitor. Hal ini karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor anda.

Kekurangan Gambar Bitmap.

  • Tidak bersifat scalable. Jika gambar diperbesar akan mempengaruhi kualitas gambar, bisa pecah/blur.
  • Melakukan kompresi gambar membuat kualitasya berkurang atau menurun.
  • Ukuran file gambar yang dihasilkan relatif besar.

Nah, itu dia pembahasan mengenai gambar vektor dan gambar bitmap. Semoga bermanfaat J

 

Gallery for Mengupas Tuntas Tentang Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *