Mengenal Desain Grafis Mengenal Dunia Warna

133 views

Membahas mengenai desain grafs tidak jauh-jauh pula membahas mengenai warna, karena warna memang sangat dibutuhkan sebagai elemen utama desain grafis. Bagaimana tidak? Sebuah desain grafis akan dinyatakan bagus atau keren apabla dia memiliki komposisi warna yang bagus pula. Jika membuat sebuah desain tanpa memikirkan tentang komposisi warna maka akan sangat disayangkan karena kemungkinan hasil desainnya tidak memuaskan.

Warna merupakan elemen utama sebagai daya tarik dalam sebusah desain grafis. Sebenarnya warna juga bersifat subjektif karena sesuai dengan individu masing-masing. Bisa jadi anda suka warna terang sedangkan saya suka warna gelap. Tetapi itu tidak apa-apa asal komposisi dan pengaturan warnanya tepat orang lain akan nyaman melihat desain anda. Untuk mengetahui lebih lanjut kita perlu tau bahwa warna juga memiliki kelompok-kelompok sendiri.

Mari kita bahas mengenai pengelompokan warna

Warna adalah sebuah cahaya yang dipantulkan dari objek ke mata manusia dan menimbulkan persepsi-persepsi tertentu sehingga kita mulai membedakan warna. Warna itu sendiri dikelompokkan menjadi tiga yaitu warna primer, sekunder dan tersier.

                          Mengenal istilah warna

Warna Primer

Warna primer yaitu warna merah, kuning dan biru. Merupakan warna standar yang bila digabungkan dapat menghasilkan warna baru. Warna baru ini nantinya disebut warna sekunder. Sedangkan jika warna primer digabungkan dengan warna sekunder akan terbentuk warna baru lagi yang disebut warna tersier.

Warna-warna tersebut jika kita golongkan lagi akan menjadi dua golongan yaitu warna cahaya dan warna cetak. RGB merupakan jenis warna primer dari cahaya. Dan warna RGB ini biasanya kita temui di monitor atau televisi sebagai produk digital. Sedangkan warna yang digolongkan dengan warna primer cetak terdiri dari Cyan-Magenta-Yellow-Black. Warna-warna ini sering digunakan pada industri percetakan.

Warna Sekunder

Warna sekunder ini dihasilkan dari percampuran warna primer dengan perbandingan 1:1. Coba saya jelaskan satu per satu warna yang dapat dihasilkan dari percampuran tersebut.

  • Merah +  Kuning   = Oranye/jingga
  • Merah +  Biru       = Ungu/violet
  • Kuning +  Biru       = Hijau

Warna Tersier

Warna tersier merupakan hasil percampuran antara warna primer dan warna sekunder. Berikut saya jelaskan.

  • Merah +  Oranye  =  Merah Oranye/Burnt Orange
  • Merah +  Ungu     =  Merah Ungu/Crimson
  • Kuning +  Oranye  =  Kuning Oranye/Golden Yellow
  • Kuning +  Hijau     =  Kuning Hjau/Lime Green
  • Biru +  Ungu     =  Biru Ungu/Indigo
  • Biru +  Hijau     =  Biru Hijau/Turquoise

Dari sekian banyak warna, ada pula pembagian atau pengelompokan warna yang dinamakan Prang System, ditemukan oleh Luois Prang. Pengelompokan warna tersebut dijelaskan sebagai berikut.

  1. Hue, yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah nama dari warna, seperti merah, biru, hijau dan sebaginya.
  2. Value, yaitu dimensi kedua dari sebuah warna atau mengenai gelap terangnya warna. Contohnya tingkatan warna dari putih hingga hitam.
  3. Saturation/Intensity, atau sering disebut chroma, yaitu dimensi yang berhubungan dengan cerah suramnya sebuah warna.

Dalam pembuatan sebuah desain grafis, sangat dibutuhkan pemilihan dan komposisi warna yang tepat. Berikut saya uraikan kriteria pemilihan warna yang tepat.

  1. Pilihlah warna gelap untuk latar belakang atau background. Hindari warna coklat dan hijau.
  2. Pilih warna yang cerah untuk foreground. Misalnya putih, hijau dan lain-lain.
  3. Gunakan kecerahan dan kombinasi warna yang kontras antara background dan foreground.
  4. Gunakan warna sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan. Maksimal 3-4 warna dalam satu desain dengan perbandingan 1-2 warna dasar, yang lain hanya warna tambahan dan tidak memenuhi desain.
  5. Gunakan warna untuk tujuan berikut : menarik perhatian user, menciptakan komunikasi terarah, mengidentifikasi status, dan menjalin hubungan anar elemen.

Nah, cukup sekian penjelasan mengenai warna. Saya sudah menjelaskan mulai dari pengelompokan warna secara umum dan juga dengan Prang System. Kemudian ada tips kriteria pemilihan warna. Semoga bermanfaat Desain Grafis Mengenal Dunia Warna. 

Gallery for Mengenal Desain Grafis Mengenal Dunia Warna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *