5 Istilah dalam Dunia Desain Grafis

3,620 views

Sebagai pecinta atau bahkan pekerja desain grafis, pastinya Anda sudah mengetahui ada banyak sekali bahasa atau istilah yang digunakan yang terkadang membuat orang awam sedikit linglung karena tidak mengerti maksud dari istilah tersebut. Memang ada beberapa istilah yang berasal dari singkatan tertentu, makanya susah untuk dipahami kecuali mengerti kepanjangannya, baru lah bisa meraba-raba maksud dari istilah tersebut. Bahkan bukan hanya orang awam, mereka yang sudah lama bergelut di bidang desain grafis pun kadang-kadang masih bingung atau kurang mengerti dengan istilah-istilahnya. Ini dikarenakan ada beberapa dari mereka yang hanya menggunakannnya tapi tidak mendalaminya.

Membuat Efek Foto Kartun Photoshop

Nah, di sini Saya akan membahas tentang 5 istilah dalam dunia desain grafis sehingga Anda bisa meingkatkan pengetahuan Anda mengenai dunia desain grafis. Perlu Anda ketahui, desain grafis merupakan ilmu yang harus dikuasai oleh semua orang dari kalangan manapun karena desain grafis sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-sehari. Apalagi jika Anda mempunyai bisnis, apa pun bisnisnya pasti memerlukan desain grafis untuk melancarkan bisnis Anda. Desain grafis banyak digunakan untuk media promosi dalam bisnis, pembuatan logo, brosur dan lain sebagainya.

Berikut ini 5 Istilah dalam Dunia Desain Grafis.

  1. CMYK dan RGB

CMYK adalah singkatan dari Cyan Magenta Yellow Black. Warna ini juga disebut warna proses. Warna ini adalah warna standar desain yang nantinya akan dikirim ke media cetak atau printer. Jadi jika Anda ingin mencetak hasil desain tersebut, maka gunakanlah CMYK agar hasil cetaknya sama atau sesuai dengan yang Anda desain.

RGB adalah singkatan dari Red Green Blue, atau disebut juga warna pencahayaan. Warna ini merupakan prinsip warna yang digunakan untuk tampilan digital seperti pada monitor komputer atau televisi, kamera digital, smartphone. For your information, ketiga warna tersebut jika digabungkan/dikombinasikan akan tercipta warna putih. Makanya warna yang ditampilkan selalu terang, karena memang digunakan untuk display media digital atau bukan untuk media cetak. Menggunakan pilihan warna RGB memungkinkan kita untuk lebih leluasa bermain dengan warna. Namun, warna RGB memiliki kekurangan yaitu tergantung dengan kualitas dan kapasitas komputer. Jika bagus maka warna RGB yang muncul akan bagus, jika tidak bagus maka warna RGB yang terlihat pada layar akan kurang sempurna atau kurang bagus.

  1. Raster dan Vektor

Gambar Raster adalah gambar yang terbentuk dari kumpulan piksel atau titik yang tersusun menjadi bentuk atau warna tertentu. Contoh gambar Raster adalah foto. Editor foto berbasis Raster yang paling familiar adalah Photoshop, memungkinkan Anda untuk memanipulasi warna dan merubah sifat piksel. Namun, gambar Vektor memiliki kelemahan yaitu bergantung pada ukuran atau kualitas pikselnya. Misalnya sebuah foto dengan ukuran piksel yang kecil jika diperbesar akan pecah atau menjadi foto blur, kualitas yang dihasilkan akan menurun.

Vektor terdiri dari titik-titik (point) dan masing-masing titiknya ditentukan oleh titik koordinat X dan Y, berpadu menjadi sebuah bentuk tertentu lalu Anda bisa mengisinya dengan warna. Gambar vektor ini bisa Anda perbesar dengan bebas karena tidak akan pecah atau berkurang kualitasnya. Software yang digunakan yaitu CorelDRAW.

  1. DPI dan PPI

Singkatnya DPI dan PPI merupakan istilah yang dgunakan untuk menggambarkan resolusi. DPI yaitu Dot per Inch, jumlah titik per inchi per halaman cetak. Semakin banyak dotnya, maka kualitasnya semakin baik. Biasanya untuk printer standarnya menggunakan 300 DPI. PPI yaitu Pixel per Inch, jumlah piksel perĀ  inchi pada sebuah gambar. Jika sebuah gambar Anda perbesar maka Ppi nya akan berkurang dan kualitas gambar akan menurun. Dan, resolusi ini hanya berlaku untuk pengolahan gambar raster, sedangkan vektor tidak bekerja menggunakan resolusi itu.

  1. Grid

Grid adalah garis vertikal dan horizontal yang saling berpotongan dan ada pada tampilan software desain grafis Anda. Grid ini sebenarnya bisa di nonaktifkan, tapi bisa juga dimanfaatkan. Dengan menggunakan grid pekerjaan mendesai isa lebih mudah dalam mengatur posisi dan keseimbangan (balance) antara tulisan dan gambar. Dan pada beberapa software seperti Photoshop, CorelDRAW dan lainnya memiliki cara yang berbeda untuk menampilkan grid.

  1. Logo dan Brand

Apaitu Logo? Apakah Logo sama dengan Brand? Jawabannya adalah tidak. Logo merupakan bagian dari Brand. Sedangkan Brand itu sendiri merupakan serangkaian elemen yang digunakan untuk membangun identitas sebuah bisnis. Untuk membuat Brand banyak yang harus dipersiapkan terutama perlu membangun ide konsep terlebih dahulu.

Nah, logo merupakan bagian dari Branding. Logo ini bisa dibilang merupakan elemen yang mencerminkan semua elemen branding yang lainnya. Logo merupakan garda terdepan dari sebuah branding. Membuat logo tidaklah mudah. Harus sesuai atau merepresentasikan bisnis yang ingin dibangun, harus timeless atau tidak dimakan jaman atau bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Nah, itu tadi 5 istilah dalam dunia desain grafis yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Semoga dengan ini Anda jadi lebih mengerti dunia desain dan jangan lupa untuk terus berkreasi. Dan sekarang disini melihat beberapa perbandingan photoshop dan coreldraw.

Gallery for 5 Istilah dalam Dunia Desain Grafis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *