Cara Membuat Cover CD Menggunakan Software Grafis CorelDRAW

530 views

Jika Anda bergelut di bidang desain, tentu saja sudah familiar dengan CorelDRAW. Banyak pekerjaan desain yang melibatkan software grafis ini untuk membuat desain yang kece dan sesuai dengan keinginan Anda.

Sebenarnya, banyak sekali software grafis sejenis CorelDRAW yang dapat digunakan untuk membuat desain seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, dan masih banyak lagi software grafis lainnya. Namun, sepengetahuan Saya CorelDRAW lah yang paling banyak diminati karena penggunaannya yang cukup mudah dibandingkan dengan software grafis yang lainnya. Beberapa dari mereka (pekerja grafis) bahkan mampu menguasai dan menggunakan banyak software, semua itu dilakukan demi menciptakan desain grafis yang berkualitas.

Untuk mengasah dan meningkatkan skill atau kemampuan, Anda perlu memperbanyak latihan dan latihan. Semua jika dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan akan menjadi kebiasaan dan membuahkan hasil. Seperti pada desain, jika dilakukan terus menerus dengan banyak melakukan latihan maka bekerja grafis akan sangat mudah, cepat dan menghasilkan desain grafis yang berkualitas.

Baca :  Isometric Building Perpustakaan Soeman H.S Pekanbaru

Nah, kali ini Saya akan share tutorial tentang Cara Membuat Cover CD Menggunakan Software Grafis CorelDRAW. Biasanya, Anda akan menggunakan jasa pekerja desain untuk membuat cover CD, melakukan proses burn hingga pengemasan. Tentu saja itu semua membutuhkan biaya jasa untuk mereka. Kenapa Anda tidak mendesainnya sendiri? Padahal membuat cover CD sangat lah mudah. Anda tidak perlu lagi meminta bantuan untuk membuatnya, karena Anda bisa membuatnya sendiri. Ayo kita praktekkan.

Cara Membuat Cover CD Menggunakan Software Grafis CorelDRAW.

  1. Pertama, Anda buka dulu software CorelDRAW-nya. Di sini Saya menggunakan CorelDRAW X7 (64-Bit). Lalu buka new documentaty gunakan CTRL+N atau klik ikon seperti di bawah ini. Setelah itu, lakukan pengaturan ukuran kertas (page size) menjadi A4 dan unit (drawing units) menjadi centimeters.
  2. Setelah itu, buat shape lingkaran dengan ellipse tool atau gunakan F7 atau klik ikon seperti di bawah ini. Lalu buatlah lingkaran sambil klik CTRL agar lingkaran yang dibuat simetris (atau boleh buat lingkaran sembarang nanti diatur ukurannya). Nah, setelah buat lingkaran Anda atur ukurannya menjadi 11.8×11.8cm. Lalu klik “P” agar menjadi rata tengah atau berada pas di tengah2 kanvas. Langkah selanjutnya buat lingkaran lagi dengan ukuran 1.8×1.8cm, untuk lingkaran bolong di bagian tengah. Lalu buat lingkaran lagi dengan ukuran 10.7×10.7cm dan 11x11cm, untuk membuat lingkaran efek di bagian pinggir. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 
  3. Selanjutnya, Anda bisa input gambar yang ingin dijadikan cover CD. Bisa langsung di drag & drop atau klik File – Import (CTRL+I).
  4. Lalu Anda bisa memasukkan gambarnya ke bidang lingkaran dengan klik kanan pada gambar – pilih dan klik Powerclip Inside. Lalu untuk melakukan editing klik kanan pada bidang powerclip tadi – pilih dan klik edit powerclip. Setelah selesai melakukan editing, klik kanan pada gambar lalu pilih dan klik finish editing this level. 
  5. Setelah itu, klik kanan pada palet warna yang bertanda X yang artinya tidak ada warna. Ini digunakan pada outline/garis pinggir cover CD dan di bagian tengah CD. Sedangkan untuk yang dua garis sebagai efek bisa menggunakan warna putih.  
  6. Setelah selesai melakukan pewarnaan, cover CD Anda akan tampak seperti berikut ini.Nah, seperti itulah langkah-langkah untuk membuat cover CD menggunakan software grafis CorelDRAW. Cukup mudah dan singkat. Silakan Anda coba sendiri di rumah, semoga bermanfaat

Gallery for Cara Membuat Cover CD Menggunakan Software Grafis CorelDRAW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *